Perhitungan Bunga Pinjaman Online Untuk Diketahui

Ada banyak alternatif pinjaman, selain bank, koperasi, pegadaian dan negara melalui pinjaman korporasi rakyat, adalah cara yang lebih cepat untuk meminjam secara online. Pinjaman Online adalah layanan pinjaman dari fintech peer to peer loan untuk masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Dapat dikirim secara online atau online, dengan syarat sederhana dan tanpa keamanan. Pinjaman online juga menawarkan proses pembayaran yang cepat hanya membutuhkan waktu 1-2 hari. Anda bingung mencari produk kredit tanpa agunan terbaik? Cermati punya solusinya!

Untuk Bunga Pinjaman Online Cukup Rendah

Berbicara tentang pinjaman fintech tidak bisa dibedakan dengan suku bunga pinjaman online. Tingkat pinjaman online sekarang lebih rendah. Tujuannya agar pinjaman online legal lebih terjangkau. Suku bunga pinjaman online menurut OJK (Finansmyndigheten) sebelumnya ditetapkan maksimal 0,8% per hari atau 24% per bulan. Asosiasi Fintech Funding Indonesia (AFPI) sepakat menurunkan suku bunga pinjaman online sebesar 50%, menjadi maksimal 0,4% per hari atau 12% per bulan.

Jika Anda mengajukan pinjaman online cepat yang terdaftar resmi dan berlisensi OJK sebesar Rp 2 juta, maka nominal bunga yang harus dibayarkan maksimal Rp 8.000 per hari atau Rp 240.000 per bulan. Ini adalah suku bunga pinjaman online maksimum. Banyak fintech lender memberikan pinjaman online berbunga rendah atau pinjaman online tanpa bunga untuk beberapa tenor.

Manfaat Pinjaman Online Bunga Rendah

Manfaat Pinjaman Online Cepat Cair berbunga rendah atau dengan menurunkan suku bunga fintech lending antara lain:

1. Dapat dijangkau lebih luas, termasuk pelaku mikro dan UMKM, non-bankir dan berpenghasilan rendah

2. Perbedaan signifikan antara pinjaman online legal dan pinjaman online ilegal

3. Mengurangi jumlah peminjam dalam aplikasi pinjaman online ilegal

4. Suap pinjaman online ilegal.

Suku Bunga Berbeda Untuk Pinjaman Online Ilegal

Perusahaan pinjaman online ilegal membayar bunga sesuka hati. Posisi menangkap korban merupakan iming-iming peminat yang sangat rendah. Namun, korban tidak bertanya lebih jauh dan langsung tergoda. Ternyata korban terjebak dalam permainan lintah darat online yang mengakibatkan utang dalam jumlah besar. Contoh pinjaman online ilegal dengan suku bunga rendah:

Anda ditawari pinjaman online dengan tingkat bunga rendah hanya 2%. Setelah meminjam, ternyata tingkat bunga 2% adalah tingkat bunga harian. Artinya, jika Anda mengambil pinjaman tenor 1 bulan, bunga yang harus dibayarkan adalah 60%. Pinjam Rp 2 juta, bunga 1,2 juta Rp.

Oleh karena itu, cari tahu terlebih dahulu apakah suku bunga rendah yaitu 2% per bulan atau per hari. Jika bunga per hari, sudah pasti pinjaman online ilegal atau scam. Pinjaman online ilegal tidak memiliki kewajiban untuk mematuhi aturan OJK atau perjanjian asosiasi, karena berada di luar sistem. Bekerja secara ilegal tanpa izin resmi dari otoritas pengawas.

Penghitungan Bunga Pada Pinjaman Online Legal

Cara menghitung suku bunga pinjaman online sangat sederhana. Anda mengajukan pinjaman online ke fintech pinjaman legal seharga Rp 300 ribu, bunga 0,4% per hari dan jangka waktu 20 hari, jadi cara menghitung bunga pinjaman online:

= Rp 300.000 x 0,4% x 20 hari

= Rp 24.000

Pinjaman online yang harus dibayarkan oleh peminjam yaitu Rp 300.000 + Rp 24.000 = Rp 324.000

Ada banyak modus yang digunakan perusahaan pinjaman online ilegal untuk menjerat mangsanya, seperti pinjaman online yang langsung cair dalam hitungan menit, tanpa syarat apapun, umpan harus disetujui dan modus lainnya. Selalu periksa status perusahaan atau aplikasinya sebelum meminjam, apakah pinjaman online ilegal atau legal. Anda bisa mengeceknya dengan cepat melalui website Cekfintech.id atau melalui call center OJK.

Leave a Reply

Your email address will not be published.